Jenis Cat Poly Urethane

Mengenal jenis cat

Cat mobil atau yang sering di sebut cat ducco. Cat ducco pada umumnya terdiri dari beberapa jenis ada yang berjenis NC, namun ada juga yang berjenis piyu atau Poly Urethane.

Untuk memahami jenis-jenis cat mobil sebenarnya cukup banyak jenis cat mobil yang dijual dipasaran dengan berbagai macam kualitas.

Mulai dari kualitas biasa, medium hingga hight quality atau kualit6as tinggi. Namun untuk mendapatkan kualitas pengecatan yang baik sebenarnya, ini juga tergantung pada kualitas cat dan kualitas kerja dari pengecatan itu sendiri. Karena walaupun kita menggunakan kualitas cat yang baik namun tidak disertai dengan cara pengerjaan yang baik pula, maka hal ini tidak akan menghasilkan pengecatan yang baik tentunya. Dan begitu juga sebaliknya apabila kita menggunakan bahan cat yang kualitasnya kurang baik, maka hasil kerja keras kita akan sia-sia saja dan tidak akan membuahkan hasil.

Maka dari itu, sebaiknya lakukanlah pengerjaan dengan metode yang benar agar mendapatkan hasil yang tidak mengecewakan. Baiklah kali ini Saya akan share sedikit pengertian mengenai cat piyu atau cat Poly Urethane. 

Cat Poly Urethane

Cat PU. Atau dengan bahasa lengkapnya cat Poly Urethane yang juga biasa di sebut dengan cat piyu atau pernah juga Saya dengar dengan istilah cat bakar. Dengan kelengkapan varian warnanya maka, cat ini dapat digunakan sebagai cat tinting atau sebagai cat induk yang dapat di gunakan sebagai bahan campuran cat. Karena untuk mixing cat, kita sangat memerlukan warna cat induk atau tinting agar cat lebih mudah untuk di samakan.

Cara pencampuran cat poly urethane

Untuk melakukan pencampuran pada cat ini sebenarnya sangatlah mudah dan praktis, asalkan kita menjalankan petunjuk-petunjuk dari produk cat itu sendiri. Untuk pencampuran sebaiknya kita menggunakan jenis bahan yang sama, sebab jika bahan piyu kita campurkan dengan bahan NC, maka catnya akan mengalami kerusakan. Biasanya cat akan mengeras seperti agar-agar atau jelly. Dan proses pencampuran itu juga sebaiknya menggunakan timbangan electrik atau timbangan digital dengan tujuan agar dosisnya pas tidak lebih dan tidak kurang.

Perbedaan cat poly urethane dengan cat NC.

Perbedaan antara cat NC. dengan cat piyu sangat kontras berikut salah satu cara membedakan antara ke dua cat ini. Untuk membedakan cat piyu itu sangatlah mudah, cukup anda semprotkan sedikit cat yang telah di campur dengan thiner pada panel yang bersih. Setelah anda semprot maka, cat tersebut sudah bisa di sentuh dengan tangan. Akan tetapi tidak demikian halnya dengan cat NC, untuk cat NC setelah di semprotkan minimal 5 sampai 10 menit baru bisa di sentuh. Karena proses pengeringannya pada cat NC jauh lebih lambat apabila di bandingkan cat Poly Urethane. 

Kemudahan dalam proses pengerjaan

Untuk pengerjaan cat Poly Urethane itu sendiri sangatlah mudah, dengan proses pengerjaan yang relatif singkat maka sangat baik untuk menghemat energi. Disisi lain daya tutup cat ini juga sangat baik, maka sangat bagus kalau untuk menghemat biaya dan bisa meminimalisir resiko kegagalan. Jika anda biasa menggunakan cat NC, maka Anda akan tahu perbedaan antara cat NC dan cat Poly Urethane.

Keunggulan cat poly urethane 

Banyak keunggulan dari cat Poly Urethane antara lain adalah, cat tidak menyrap air maka cat tidak mudah kusam atau pudar. Dan daya lengket cat sangat baik hingga cat tidak mudah terkelupas. Lain halnya dengan cat NC. untuk cat NC masa pengeringannya cukup lama yaitu bisa mencapai satu bulan setelah pengecatan. Untuk cat PU. jika sudah kering maka akan berbetuk seperti glass dan jika kita kelupas, maka akan getas seperti kaca.

Akan tetapi kalau cat NC, ia akan lebih mirip seperti karet. Untuk keunggulan lain, sebenarnya masih banyak lagi ynag belum dapat saya uraikan pada kesempatan ini. Mungkin itu dapat Saya share pada lain kesempatan.

0 Response to "Jenis Cat Poly Urethane"

Posting Komentar

close