Cara Las Ketok

Perbaikan Body Repair Dengan Cara Las Ketok - pada artikel ini Saya akan berbagi pengalaman tentang cara-cara dan pengertian mengenai las ketok.

Las ketok pada dasarnya adalah memperbaiki body atau kerangka body yang penyok dengan cara di ketok dan di las.

Namun selain  memperbaiki mobil dengan cara las ketok, sebenarnya juga ada metode dan cara ketok yang lain yaitu ketok magic, tapi kali ini saya akan membahas tentang cara las ketok. Mengenal Apa Itu Las Ketok. Las ketok adalah, pengetokan body yang penyok dengan di bantu alat las.

Namun sebelum Anda mempelajari apa itu las ketok, sebaiknya Anda terlebih dahulu mempunyai sedikit pegalaman dalam menggunakan peralatan las dan juga mengetahui setelan las baik itu las accetilyne/ karbit ataupun las listrik. Karena, untuk menggunakan peralatan ini memang harus mempunyai keahlian khusus dan professional.


Kerusakan Yang Perlu Menggunakan Las ketok. Untuk tingkat-tingkat kerusakan yang perlu menggunakan las ketok sebenarnya ada berbagai jenis kerusakan antara lain adalah, kerusakan pada kerangka body yang tebal dan tidak bisa diketok dengan menggunakan martil biasa.


Karena, pelat harus di bantu dengan pemanasan. Begitu juga dengan body bagian luar yang panel pelatnya sudah memuai akibat penyok maka kita harus menggunakan metode ini. Perbaikan Body Dengan Mudah  Menggunakan Metode Las ketok. Sebenarnya perbaikan body penyok dengan metode ini sangatlah gampang. Apalagi bagi Anda yang sudah mahir dalam hal body repair.

Namun bagi Anda yang masih tahap pemula, jangan khawatir mudah-mudahan dengan beberapa tips ini Anda sedikit mengerti apa itu las ketok. Baiklah langsung saja kita simak beberapa tips berikut ini mengenai apa itu las ketok.

Kriteria Kerusakan Yang Bisa Di Ketok Dengan Cara Las ketok. Beberapa jenis kerusakan yang bisa dikerjakan dengan metode las ketok di antaranya adalah, kerusakan pada chasis yang hanya mengalami penyok dan tidak terlalu melipat.

Penyok pada kerangka namun tidak hancur dan ringsek, sobek pada pelat body namun tidak terlalu parah dan apabila kerusakan-kerusakan yang lebih parah hendaknya part harus di ganti agar hasil lebih maksimal.

Cara Dan Langkah-langkah Perbaikan Menggunakan Las ketok. Langkah pertama kita harus melepaskan penel yang penyok dari kerangka body. Namun harus dilakukan dengan berhati-hati, agar tidak menimbulkan kerusakan baru. Melepaskan panel dari kerangka body, hal ini bertujuan agar lebih mudah untuk mengerjakannya.

Lalu tahap selanjutnya, apabila komponen sudah terlepas dari badan kendaraan maka berikutnya kita pisahkan panel demi panel dengan cara memperhatikan sambungan- sambungan part dari satu bagian ke bagian yang lain. Dan jika semua sudah terpisah satu dengan yang lain, maka disana kita akan mendapat kemudahan untuk mengerjakannya.

Berikutnya kita mulai untuk meluruskan penel yang rusak dengan cara di panaskan dengan las untuk body yang sudah tidak center lagi sebaiknya kita menggunakan penahan sebelum malepaskan panel-panelnya hal ini  bertujuan agar kerusakan tidak semakin parah. Untuk Hasil Yang Lebih Sempurna Dan Maksimal. Untuk pengetokan dengan menggunakan las, sebaiknya kita mempersiapkan air  guna untuk mendinginkan panel yang sudah di panaskan tersebut.

Hal ini dilakukan agar panel yang dipanaskan tersebut,  tidak ngulet atau melintir akibat pemanasan tersebut. Dan apabila sudah melewati tahap ini, maka kita bisa melihat hasilnya dengan cara membedakan hasil ketokan kita dengan sparepart yang masih normal. Namun disini perlu di ingat, kita harus masih punya contoh yang masih bisa jadi patokan maka kita tidak akan kesulitan untuk menyempurnakan hasil kerja kita.

Nah jika semua sudah selesai dengan baik, maka selanjutnya kita bisa mulai untuk tahap perakitan  atau memasang kembali bagian-bagian panel yang sudah normal tersebut. Dan untuk tehnik pemasangan sparepart, mungkin saya akan menuliskannya pada lain artikel.

Itulah beberapa pemahaman tentang las ketok yang dapat saya jelaskan pada kesempatan kali ini semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Cara Las Ketok"

Posting Komentar

close