Cara Mixing Atau Oplos Cat Mobil

Kebingungan saat mengalami cat belang - hal yang mungkin pernah anda alami saat setelah memperbaiki cat mobil.


Mungkin ada sebagian orang yang tidak tahu harus berbuat apa saat mengalami kendaraan kesayangannya yang warna catnya jadi belang dan tak beraturan.

Ada sebagian orang hanya pasrah saja dengan keadaan seperti ini. Namun Anda tidak perlu takut dengan Anda sudah membaca blog ini, mungkin bisa sedikit membantu Anda untuk memecahkan masalah semacam ini.

Bagi Anda yang punya mobil kesayangan tapi warnanya jadi belang saat setelah di perbaiki, disini Saya akan membahas tentang tehnik mixing cat mobil daengan benar. Namun jika Anda ingin melakukan perbaikan cat mobil Anda, disini Saya menyarankan agar melakukan perbaikan kendaraan di bengkel-bengkel yang sudah tidak di ragukan lagi kualitas kerjanya.

Ya biarpun agak sedikit mahal, tapi hasilnya bisa di pertanggung jawabkan. Apalagi mobil tersebut harganya tidaklah murah. Di sisi lain Anda harus lihat hasil kerja bengkel tersebut dan apabila memang sudah meyakinkan, tidak ada salahnya kalau Anda mempercayai bengkel tersebut.

Nah bagi Anda yang sudah banyak tahu tentang cat mungkin Saya tidak perlu lagi membahas tentang jenis dan nama-nama cat. Baiklah langsung saja kita menuju ke topik inti dari judul artikel ini. Bagai mana Cara Mixing Atau Oplos Cat Mobil yang benar. Berikut beberapa penjelasannya.


1. Menyediakan Tinting Cat 

Tinting adalah warna induk dari semua jenis warna yang akan kita campurkan. Biasanya tinting akan terbagi jadi beberapa warna. Namun itu tergantung pada produk catnya masing-masing pada umumnya, warna tinting terdiri dari 60 warna namun disini saya tidak dapat mejelaskan warnanya satu persatu.

Untuk proses pencampuran, kita sangat membutuhkan ruangan yang cukup cahaya. Apabila di tempat terbuka, carilah tempat yang terkena sinar matahari tujuannya adalah agar kita bisa melihat warna target yang ingin kita samakan. Tetapi jika Anda sudah mempunyai peralatan yang cukup canggih, maka Anda tidak perlu susah payah untuk mencampurkan cat tersebut.

Karena, kalau kita sudah punya sofware atau scanner warna maka kita tinggal scan saja sudah tahu warna apa yang akan kita campurkan pada cat tersebut. Akan tetapi kalau kita belum mempunyai peralatan yang canggih, anda harus mencampurnya dengan cara manual. 


2. Perhatikan Warna Metalic Pada Cat 

Biasanya dengan terkena sinar matahari, maka warna metalic pada cat tersebut akan terlihat lebih jelas dan transparan. Berikut barulah kita mencapurkannya sedikit demi sedikit. Lalu perlahan-lahan kita aduk hingga rata dan lihat hasilnya, apakah warna tersebut mendetkati atau justru sebaliknya.

Akan tetapi apabila warna tersebut sudah mendekati, maka kita bisa dengan mudah untuk melihat warna apa yang mesti kita tambahkan selanjutnya. Kalau kita sudah mengetahui warna apa yang harus kita tambahkan, maka tambahlah sedikit demi sedikit hingga catnya benar-benar menyerupai dengan cat aslinya. 


3. Perbandingan Warna

Selanjutnya apabila cat tersebut sudah terlihat sama, maka cobalah kita semprotkan sedikit pada panel yang bersih dan bandingkan hasil semprotan dengan cat aslinya. Apabila warnanya sedikit kusam, tunggu sampai kering lalu kita basahkan dengan air agar terlihat jelas warna aslinya.

Namun, jika cat tersebut masih terlihat belum sama, maka dengan cara menyemprotkannya pada panel bersih tersebut, akan lebih mudah untuk mengetahui bahan apa yang kurang pada cat tersebut. Karena, disini kita dapat melihat dengan jelas hasil yang kita campurkan sebelumnya. Dengan demikian kita dapat menambahkan bahan yang kurang sedikit demi sedikit seperti hal di atas.

0 Response to "Cara Mixing Atau Oplos Cat Mobil"

Posting Komentar

close