Cara Pendempulan Body Mobil Agar Tidak Bergelombang

Pendempulan adalah salah satu proses body repair yang mesti kita kerjakan dengan baik dan hati-hati.

Karena, pada bagian ini kita juga sangat memerlukan kejelian dan ketelitian dalam proses pengerjaannya.

Baiklah langsung saja kita cari tau tentang semua cara perbaikan body kendaraan baik itu cara pendempulan body ringan, sampai pendempulan body total atau body all.

Jika kita pelajari lebih jauh, rasanya banyak sekali yang perlu kita pelajari agar bisa menghasilkan pekerjaan yang lebih maksimal.

Terutama Cara Pendempulan Body Mobil Agar Tidak Bergelombang.


Untuk pendempulan biasanya terbagi dua jenis ada yang dempul all, ada juga yang dempul ringan atau juga yang biasa di sebut dengan bahasa bengkel ngesol.

Namun, semua itu tergantung kita yang memberi namanya saja. nah untuk perbaikan body seperti ini, umumnya akan terlihat sagatlah mudah dan simple.

Akan tetapi, pekerjaan ini haruslah di kerjakan dengan cara yang tepat. Karena jika kita salah saat malakukan pengerjaannya, maka hal ini juga dapat menghambat langakah-langkah saat pengecatan nantinya.

Pada dasarnya proses pendempulan body ringan sama saja dengan pendempulan body all, hanya saja cara dan trik pengerjaannya saja yang sedikit berbeda.

Karena, dalam pengerjaan pendempulan body ringan kita harus lebih berhati-hati dan yang harus lebih kita perhatikan langkah demi langkah sejak awal pengerjaan hingga akhir.

Karena, pekerjaan ini bisa di kategorikan pekerjaan halus dan sedikit rumit.


Berikut langkah-langkah cara pengerjaannya

Pada tahap pertama pastikan peralatan yang akan di gunakan bersih mulai dari jidar, scrub dan lainnya.

Sebab peralatan yang tidak bersih, akan sangat berpengaruh pada hasil akhir pekerjaan kita.

Lalu perhatikan juga panel body yang akan di dempul, pastikan juga sudah selesai di ketok dan permukaannya rata.

Dan untuk memastikan permukaannya rata atau tidak, sebaiknya kita cek dengan menggunakan mistar atau jidar.

Dan untuk jidar plat atau mistar, bisa menggunakan gergaji pemotong kayu atau bisa juga beli mistar khusus body repair yang dapat anda beli ditoko-toko perlengkapan body repair.

Untuk cara pengecekan, anda dapat menempelkan sisi mistar yang rata ke bagian plat body yang sudah diketok tersebut.

Dan disana akan terlihat jika ketokannya belum sempurna, maka permukaan panel body tidak akan menyentuh mistar dengan keseluruhan.


Tahap-tahap pendempulan

Selanjutnya apabila ketokan sudah terlihat baik dan siap untuk di dempul, barulah kita mulai untuk melakukan pengampelasan dengan rata menggunakan air dan di sarankan untuk menggunakan ampelas tidak terlalu kasar dan tidak terlalu halus.

Karena jika ampelas terlalu kasar, maka goresan ampelas tidak akan hilang hingga pengerjaan selesai.

Namun jika ampelas terlalu halus, maka akan mengurangi daya lengket dari dempul itu sendiri dan sebaiknya agar menggunakan ampelas nomor 240.

Langkah berikutnya kita mulai melakukan pendempulan dengan cara sebagai berikut. Pertama kita oleskan dempul yang sudah dicampurkan dengan hardener secara merata. 

Namun inipun harus diperhatikan dengan baik saat mendempul kita dapat memperkirakan radius penyok panel body itu sendiri. 

Maksudnya jika penyoknya berukuran 20cm persegi, maka kita harus mendempulnya dengan ukuran 60cm persegi.  

lalu kita tarik dengan menggunakan jidar, maka disitu akan terlihat radius dari penyok itu sendiri.

Untuk pendempulan disarankan agar benar-benar rata alias tidak bergelombang sebab jika bergelombang, maka akan mempengaruhi hasil pengecatan nantinya.

0 Response to "Cara Pendempulan Body Mobil Agar Tidak Bergelombang"

Posting Komentar

close