Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Lemah

Cara memperbaiki aki basah-Aki merupakan suatu komponen yang sangat vital pada sebuah sistem kelistrikan sepeda motor maupun mobil, apabila aki mulai lemah maka beberapa komponen lainnya seperti double starter, klakson, lampu sein dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kelistrikan tidak akan dapat berfungsi dengan maksimal.

Terus terang dulu waktu aki saya mulai lemah saya langsung menggantinya dengan aki baru, terus aki bekasnya saya jual ke loakan barang bekas, pikir saya lumayan dapat 15 ribu. Akan tetapi lama kelamaan saya melihat banyak orang yang menawarkan jasa tukar tambah aki baru dan bekas, suatu saat saya mencoba menukar aki yang sudah tidak terpakai dengan aki rekondisi, dan si penjual berani memberi garansi selama 1 bulan. Pikir saya lumayan lah untuk harga yang relatif murah dapat aki meskipun tidak baru kan ada garansi 1 bulan.

Sehabis kejadian tersebut timbul sebuah pertanyaan dalam diri saya, bagaimana bisa membuat aki yang sudah rusak / mati menjadi hidup kembali. Usut punya usut setelah saya browsing di internet dan hasil tanya sana sini akhirnya saya mencoba berbagai cara yang saya peroleh. Nah, apabila pemirsa ingin tahu bagaimana caranya memperbaiki aki yang lemah atau rusak dapat anda simak melalui penjelasan saya di bawah ini.

Cara Memperbaiki Aki Basah

Cara Memperbaiki Aki Basah

Alangkah baiknya jika komponen yang satu ini kita rawat dengan baik. Kalau aki di rawat dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan aki akan bertahan lama.Maka dari itu kita juga harus tahu cara merawat aki.

Cara Memperbaiki AKI basah


Memperbaiki aki sebenarnya bisa di bilang gampang-gampang susah, karena tingkat keberhasilannya kurang lebih 75 %, jadi kita harus optimis dalam pengerjaannya. Sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan perbaikan aki.kali ini saya akan membocorkan bagaimana cara memperbaiki aki dengan obat sakit kepala Bodrex.  Langkah – langkah yang harus di lakukan adalah sebagai berikut:
Bahan yang harus di persiapkan

1) Aki yang sudah lemah
2) Tablet Bodrex
3) Accu zuur (air aki yang di gunakan waktu pertama kali pemakaian aki baru, bukan air aki untuk menambah volume air saat pemakaian).
4) Air panas
5) Alat suntik atau apa saja yang penting bisa buat menakar air zuur.
Caranya adalah:

1) Lepas aki dari motor (untuk melepas copot bagian positif terlebih dahulu dan untuk memasang pasang bagian negatif terlebih dahulu)
2) Buang semua air yang terdapat dalam sel aki
3) Bersihkan air dengan menggunakan air panas, kocok-kocok hingga bersih (air berwarna bening dan tidak keruh)
4) Masukkan air aki zuur kedalam aki, tutup kembali dan kocok-kocok lagi lalu buang lagi airnya
5) Buka kembali tutup aki dan masukan air aki zuur kedalam aki, kali ini gunakan bantuan suntikan untuk menakar volume air aki agar tiap lubang sama persis
6) Masukkan tablet Bodrex kedalam aki yang sebelumnya sudah di lumatkan terlebih dahulu. Dosis untuk setiap lubang adalah 1/5 tablet untuk ukuran aki motor (12 volt)
7) Untuk bisa langsung di gunakan silahkan charge aki
8) Pasang aki kembali ke motor,ingat cara memasangnya pada no.1
9) Selesai dan langsung di coba.

Anda juga perlu membaca Cara merawat motor injeksi dan Cara mengganti oli mesin

Nah demikian tadi tips untuk memperbaiki aki yang sudah mulai lemah, tapi ingat keberhasilan kurang lebih 75 %, jadi hal ini tidak menjamin 100% berhasil, meskipun begitu perlu di coba dan semoga Berhasil.

0 Response to "Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Lemah"

Posting Komentar

close