Tips Dan Trik Cara Pengecatan Body Mobil

Anda mungkin tau bahwa pengecatan body mobl (body repaint), menentukan penampilan dari exterior pada mobil itu sendiri.

Karena untuk sebuah pekerjaan pengecatan pada body mobil, saat ini tidak sedikit tenaga ahli yang di tuntut untuk berkompetisi secara profesional di bidang otomotif terutama bengkel body repair.

Namun terkadang, kita sering juga mengalami hal yang di luar dugaan. Di mana hasil pengecatan yang tidak sesuai dengan yang kita harapkan seperti halnya hasil pengecatan terlihat tidak rata, belang, kasar serta banyak bercak dan berlobang.

Akan tetapi Anda tidak perlu binggung, karena disini Saya akan membahas masalah-masalah mengenai cara atau tips pengecatan body mobil dengan baik. Untuk permasalahan seperti ini, sebenarnya dapat anda atasi dengan baik jika anda selalu memperhatikan setiap langkah pengerjaan secara teliti dan benar. Seperti halnya perlengkapan yang akan anda gunakan mulai dari spray gun, kompresor, hingga peralatan untuk mixing lainnya.

Dan apabila semua perlengkapan sudah di pastikan layak untuk di gunakan dengan baik, maka semua resiko kegagalan dapat kita minimalisir. Baiklah langsung saja kita cari tau solusi dari salah satu permasalahan di atas yang mungkin bisa sedikit membantu anda untuk melakukan tahap pengerjaan cat body repair. Untuk melakukan pengecatan, pertama kita sebaiknya memeriksa perlengkapan terlebih dahulu. Seperti halnya yang sudah Saya jelaskan di atas.

Berikut beberapa cara pengecekan pada perlengkapan yang akan di gunakan. Pertama cek kondisi spray gun dengan cara, mencoba mengoperasikannya agar tidak bermasalah saat sedang di gunakan. Untuk cara pengecekan pada spray gun, anda bisa mencoba untuk menyemprotkan menggunakan thiner ini bertujuan untuk mengetahui hasil semprotannya.

Lalu untuk kompresor pastikan angin yang di suply dari kompresor tersebut bersih dan tidak terdapat minyak, air, debu dan lain sebagainya. Berikutnya periksa perlengkepan mixing, usahakan perlengkapan mixing tidak terkena minyak, sillicone, kit dan sejenisnya. Apabila semua peralatan sudah siap untuk di gunakan, maka selanjutnya kita harus perhatikan bagian body yang harus kita semprotkan yaitu permukaan yang akan kita cat.

Dengan cara anda bisa meraba seluruh permukaan body mobil yang akan di cat tersebut dengan menggunakan tangan. Hal ini bertujuan agar kita dapat mengetahui apakah permukaan pada body yang akan kita cat tersebut sudah tidak bergelombang. Dan perhatikan cara pengampelasannya apakah memang benar-benar sudah rata dan halus atau masih harus di ulangi kembali.

Jika memang sudah siap untuk di cat, maka barulah kita melangkah pada tahap selanjutnya. Dan jangan lupa juga untuk memeriksa apakah permukaan body yang akan di semprotkan tidak terkena minyak, oli, gemuk, kit, silicone dan bahan yang mengandung minyak lainnya. Karena jika permukaan body terdapat percikan minyak, oli,kit atau sejenisnya, maka cat tidak akan sempurna dan akan timbul lobang kecil-kecil seperti terkena air selain itu cat akan mengembung seperti tidak menempel pada permukaan body. 

Tahap selanjutnya pastikan yang tidak akan kita cat sudah tertutup dengan baik dan perhatikan juga saat memasang tape atau lakban, usahakan tidak melebihi komponen yang akan di tutupi dan juga tidak kurang dari komponen yang akan di tutupi (pas). Lalu jika komponen yang mudah di lepas, lebih baik kita lepaskan saja agar tidak terkena semburan cat. Selanjutnya kita mulai tahap pengecatan. Untuk mengetahui bagai mana cara pengecatan, berikut beberapa langkah cara pengecatan body mobil dengan baik. 

1. Tahap Pengecatan Cat Dasar 

Untuk tahap pengecatan terlebih dahulu kita harus mengawalinya dengan cat dasar yaitu cat yang menyerupai warna aslinya namun bukan cat aslinya, melainkan cat yang hanya untuk menutupi bagian epoksi yang warna nya tidak merata dengan tujuan agar cat aslinya cepat nutup dan tidak terlihat transparan. 

2. Pengeringan Cat Dasar 

Lalu tunggu sampai cat dasarnya kering hingga bisa kita ampelas kembali. Apabila cat dasar sudah mengering, maka tahap berikutnya kita lakukan pengamplasan cat dasar. 

3. Pengampelasan Cat Dasar 

Untuk pengampelasan cat dasar kita menggunakan air sabun atau shampo atau boleh memakai diterjen spesial shandig. Dan untuk ampelas itu sendiri, gunakan ampelas nomor 1500 dengan tujuan agar permukaan halus dan tidak kasar dan baret. Lalu kita keringkan dengan menggunakan kanebo (chamois). Perlu di ingat sewaktu pengamplasan harus di bersihkan jangan membersihkan permukaan setalah kering karena debu ampelas tersebut susah untuk di hilangkan. 

4. Tahap Pengecatan Cat Asli 

Berikutnya barulah kita semprotkan cat aslinya dengan rata untuk ukuran ketebalan 3-4 lapis dengen cara di beri jedah 5-10 menit di setiap lapisannya tergantung suhu dari ruangan tersebut. 

5. Tahap Finishing Spay

Tahap finishing yaitu pelapisan menggunakan clear coat atau pernis untuk pernis usahakan penyemprotan yang pertama lebih kental baca juga untuk ukuran kekentalan clear coat dan berikutnya bisa agak lebih cair dengan tujuan agar permukaan basah dan kilap semprot hingga 3-4 lapis hingga selesai. 

Mungkin hanya itu saja Tips Dan Trik Cara Pengecatan Body Mobil yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.

0 Response to "Tips Dan Trik Cara Pengecatan Body Mobil"

Posting Komentar

close