Cara Merawat Rantai Motor Dengan Mudah Di Rumah

Cara merawat rantai motor-Pada sebuah sepeda motor manual, rantai adalah salah satu faktor paling penting yang dapat membuat sepeda motor tersebut bergerak. Maka dari itu kita harus memperhatikan komponen yang satu ini dengan lebih maksimal, maka dari itu kita harus lebih sering memperhatikan kondisi rantai, rantai yang sudah kendor harus di sesuaikan lagi jaraknya, apabila sudah tidak dapat di steel tapi kondisi rantai dan gir masih bagus maka mata rantai bisa di potong.

Rantai yang tidak rawat dan di biarkan kendur, kering tanpa pelumas dapat berakibat fatal bagi pengendaranya, bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan yang dapat berujung maut. Kondisi rantai sangat berpengaruh pada laju motor tersebut, apa bila rantai kering maka akan timbul suara berisik yang sangat mengganggu. Untuk merawat motor anda bisa melakukannya dengan membawa motor anda ke bengkel, atau juga dapat anda lakukan sendiri di rumah. Nah, kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara merawat rantai motor dengan baik dan benar.


Cara Merawat Rantai Motor

Cara Merawat Rantai Motor


Merawat rantai adalah hal yang paling mudah, dan kita dapat melakukannya sendiri di rumah tanpa harus pergi ke bengkel yang akan menambah biaya. Kita hanya perlu meluangkan waktu sekitar 10-15 menit untuk merawat dan membersihkan rantai, jadi hal ini tidak akan menyita banyak waktu anda. Untuk cara merawat rantai motor yang baik adalah sebagai berikut:

1. Persiapkan alat dan bahan yang di butuhkan terlebih dahulu seperti, kunci untuk mengendurkan baut as roda (biasanya kunci ring 17 dan 19), dan kunci untuk menyetel rantai (biasanya kunci 12 dan 10).

2. Posisikan motor di tempat yang datar dan gunakan standart tengah, hal ini bertujuan supaya roda motor dapat di putar dan rantai dengan mudah dapat di bersihkan.

3. Setelah no.1 dan no.2 selesai langkah selanjutnya adalah berihkan mata rantai dari kotoran atau sisa pelumas yang sudah tidak layak dengan menggunakan kuas dan bensin.

4. Cek jarak bebas rantai, apabila terlalu kendur maka harus di kencangkan dengan cara mengendurkan baut as roda terlebih dahulu, kemudian kencangkan rantai melalui mur anting yang ada pada kanan kiri roda. Samakan garis yang terdapat pada sisi kanan dan sisi kiri swing arm yang letaknya dekat dengan as roda.


Cara Merawat Rantai Motor

cara Merawat Rantai Motor


5. Apa bila kondisi rantai dan gir masih bagus akan tetapi sudah tidak dapat di steel (alur penyetelan mentok) maka dapat di lakukan pemutusan dua mata rantai.

6. Beri rantai dengan pelumas rantai (saat ini banyak produk pelumas rantai) atau dengan menggunakan oli mesin yang masih baru, jangan menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai karena justru akan merusak.


Cara Merawat Rantai Motor

7. Apa bila rantai sudah tidak layak pakai (mata gir sudah runcing) maka harus di ganti. Supaya lebih awet maka antara rantai dan gir harus di ganti bersamaan jangan satu-satu.

8. Untuk peringatan saja, jangan pernah menggunakan rantai dengan harga murah karena rantai dapat putus di tengah jalan meskipun masih baru. Gunakanlah rantai yang original.

Demikian tadi adalah bagaimana cara kita merawat rantai motor dan bagaimana cara menyetel jarak bebas rantai. Agar kita dapat memperpanjang umur rantai maka kita harus mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan rantai cepat rusak atau aus.

Hal-Hal Yang Dapat Merusak Rantai


1. Pengendara sering melakukan pengereman mendadak, dan akselerasi yang tidak stabil.
2. Rantai sepeda motor Anda terlalu kering, oleh karena itu, berikan pelumas secara teratur.
3. Rantai yang terlalu kering atau kekurangan pelumas dapat mempercepat timbulnya karat. Jika rantai motor Anda sudah berkarat, dapat mempercepat kerusakan rantai.
4. Sproket atau gir yang sudah aus juga dapat mempercepat kerusakan rantai sepeda motor.
5. Motor sering digunanakan pada medan yang berdebu atau berlumpur, hal ini akan mempercepat menempelnya kotoran pada rantai, sehingga kerusakan rantai juga lebih cepat.

Anda juga perlu membaca Cara mengganti oli mesin motor dan Cara merawat aki kering

Demikian tadi adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan supaya rantai motor anda awet dan pastinya tahan  lama. Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca dan saya ucapkan Terima Kasih atas kunjungannya.

Dapatkan juga informasi menarik tentang...!!!

1. Cara merawat motor matic
2. Cara merawat aki kering
3. Cara membersihkan jamur kaca

0 Response to "Cara Merawat Rantai Motor Dengan Mudah Di Rumah"

Posting Komentar

close